Ini artikel kedua saya tentang mesin pencari, beberapa orang
mungkin menyebutnya mesin penelusur, tapi saya yakin semuanya memiliki maksud
yang sama yaitu website dengan program komputer untuk menghasilkan hasil
pencarian dokumen-dokumen online berupa halaman, video, gambar, dan berbagai
macam hal lainnya.
Sebelumnya, kita telah membahas tentang pengertian, tujuan,
dan manfaat mesin pencarian, mari kita bicara dengan hal yang lebih serius
lagi, yaitu tentang cara kerja mesin pencarian.
Seperti yang kita tahu sebagai blogger, mesin pencarian
sangat bermanfaat agar blog kita dikunjungi oleh banyak orang, tetapi sebagai
praktisi SEO (Search engine optimization, yang seterusnya akan disingkat SEO)
mesin pencarian bisa menjadi tempat yang sangat-sangat menguntungkan, tidak
hanya pada segi banyaknya pengunjung.
Pada bahasan kali ini mungkin akan sedikit membahas tentang SEO dan keterkaitannya dengan mesin pencari.
Penasaran? .... kalo enggak, juga tidak apa-apa
Oke, mungkin saya akan memulai dari 3 aktivitas yang sangat
familiar pada mesin pencari
- Crawling
- Indexing
- Ranking
Apa sih sebenarnya ketiga istilah diatas?
Crawling
crawling adalah aktivitas sebuah mesin pencari untuk melihat
dan menelusuri semua halaman yang dipublish oleh webmaster di dalam websitenya
dengan mengikuti link-link yang tertaut dimulai dengan page seed yang paling penting.
Biasanya setiap mesin pencari memiiki robot atau spider
(Google) tersendiri untuk melakukan crawling kepada halaman-halaman website
atau blog dan didaftarkan atau tidak didaftarkan pada webmaster mereka.
Crawling menjadi
aktivitas yang sangat penting tidak hanya untuk mesin pencari tetapi juga untuk
para webmaster, karena dengan adanya crawling.
Setidaknya halaman sudah dikenali oleh mesin pencari.
Anda dapat melihat ilustrasi di atas, setiap link-link yang
saya tandai itu akan di-crawl oleh mesin pencari.
Seperti yang saya utarakan di atas, aktivitas ini sangat
penting agar blog kita terindex dan diranking dengan baik oleh mesin pencari.
*note: mesin pencari memulai aktivitas crawling dimulai dari page seed atau halaman yang paling terpercaya, lalu diikuti dengan halaman-halaman yang ada di link-link tersebut, dan seterusnya.
Apakah itu berpengaruh?
Iya, itu berpengaruh untuk mesin pencari, karena itu
berpengaruh bagaimana mesin pencari melihat halaman online anda.
Yang paling biasa dilakukan oleh para blogger dan webmaster
kebanyakan, mereka akan mendaftarkan webmaster tool dimulai dari halaman utama
mereka, seperti www.blogger.com
Nanti kita akan membahasnya lebih lanjut pada indexing.
Lebih lanjut, mari kita simak video dari Google sendiri sebagai mesin pencarian yang paling banyak digunakan di bawah ini:
mungkin beberapa blogger menggunakan fitur fetch as pada
webmaster Google untuk mempercepat proses crawling dan indexing.
Tetapi, itu tidak berlaku untuk proses ranking, karena akan
berbeda hasilnya untuk proses ranking.
Kita akan bahas nanti pada proses ranking.
Oke, saya harap anda bisa memahami aktivitas crawling mesin
pencarian
Selanjutnya kita akan membahas tentang indexing pada mesin
pencarian.
Indexing
Indexing adalah aktivitas mesin penelusuran dalam menyajikan
katalog berisikan daftar-daftar halaman online yang berhubungan dengan website
atau blog berurutan sesuai dengan seberapa pentingnya halaman tersebut.
Satu konsep dalam membangun kepercayaan mesin pencarian dalam
pengindexan adalah dengan memutuskan halaman mana yang harus di-crawl terlebih
dahulu.
Saya menyarankan anda untuk mencari halaman yang paling
banyak memiliki nilai kepercayaan yang tinggi.
Mungkin beberapa dari anda akan bertanya, halaman mana kah
yang paling dipercaya?
Saya sudah menyebutkan di atas, pada umumnya halaman utama
lah memiliki trust seed terbaik,
tetapi tidak semuanya seperti itu.
Secara bebas anda bisa memilih halaman mana saja yang dapat
dijadikan permulaan dalam crawling, tetapi coba untuk memikirkan dengan baik
halaman mana yang memiliki trust seed
terbaik.
Mungkin bahasan tentang kepercayaan sebuah halaman akan saya
bahas pada algoritma mesin pencarian, karena akan panjang untuk disatukan
dengan bahasan indexing.
Selanjutnya, mari kita membahas tentang ranking
Ranking
Ranking adalah aktivitas mesin pencarian dalam menyajikan
daftar list kepada pengguna atau pencari setelah menuliskan kata, frasa, atau
kalimat pada kotak yang tersedia pada mesin pencarian, kegiatan ini juga
meliputi penentuan halaman mana yang memiliki posisi tertinggi dan diurutkan
berdasarkan algoritma yang ada.
Mungkin sebagai pemiliki website atau blog, kita akan lebih
banyak fokus dengan ranking, bagaimana blog dapat memasuki halaman satu Google,
atau bagaimana blog dapat menduduki posisi satu.
Padahal dalam aktivitas ini seharusnya didahului dengan
crawling dan indexing, kedua aktivitas tersebut penting agar dapat posisi yang
tinggi.
Kita mulai dengan masalah pengetikan kata, frasa, dan
kalimat pada kotak yang tersedia pada mesin pencari.
dari proses pengetikan pertama itu lah mesin pencari mencoba
untuk memberikan hasil terbaik, ketika pengguna telah meng-enter sebuah kata
kunci pada kotak tersebut, maka mesin pencari akan secepat mungkin memberikan
hasil yang paling relevan kepada pengguna.
Konsep utamanya adalah mencocokan sebuah kata kunci dengan
halaman-halaman yang telah terindex, dan menampilkannya sebagai hasil dari
penelusuran.
Tetapi, sekali lagi sebagai catatan, banyak sekali yang
harus anda ketahui untuk mendapatkan peringkat tertinggi, anda perlu mengetahui
apa itu SEO, SEM, dan SXO.
Saya sudah jelaskan di atas, cara kerja mesin pencarian pada
bahasan kali ini sangat berkaitan dengan masalah SEO, karena sangat berkaitan
erat dasar praktek SEO.
Oke mari kita lanjut.
Tadi saya menunda pembahasan tentang fetch as Google dalam
ranking, kan?
Saya akan menjawab pengaruh fetch as Google pada ranking,
selama saya melakukan aktivitas SEO dan Blogging, fetch as Google tidak
berpengaruh kepada ranking.
Kecuali, halaman tersebut adalah halaman lama yang
diperbaharui, dan itu pastinya dapat berpengaruh dengan catatan, ada
pembaharuan dari segi konten dan isinya.
Kemudian, fetch as Google akan berpengaruh jika sebuah
halaman pada dasarnya memiliki syarat-syarat terbaik untuk menduduki peringkat
tertinggi, seperti backlink, kualitas konten, dan praktek SEO lainnya.
Tetapi, secara umum fetch as Google hanya membantu di segi
crawling dan indexing, sedangkan ranking ditentukan oleh kueri dan algoritma
mesin pencari dalam menentukan posisi sebuah halaman yang telah diindex
sebelumnya.
Sekarang kita bahas sedikit tentang bagaimana mesin pencari
melihat blog atau website anda.
Bagaimana Google Melihat Sebuah Halaman Blog/website?
Mungkin beberapa kita berfikir, bahwa mesin pencari melihat
suatu halaman layaknya seseorang yang membaca, tetapi tidak demikian, mesin
pencari melihat halaman blog atau website dengan melihat kode-kode HTML halaman
tersebut.
Lalu, setelah itu dari setiap link-link yang tertanam pada
suatu dokumen HTML di crawl juga dan dimasukan pada satu database (Indexing).
Mesin pencari tidak melihat halaman anda seperti gambar
di atas, tetapi melihat halaman anda seperti gambar di bawah ini.
Jadi, jika anda melihat di penelusuran, hasil dari
penelusuran selalu melihat dari HTML yang ada, coba anda perhatikan gambar di
bawah ini
Ada meta deskripsi yang dituliskan pada dokumen HTML halaman
kompas.com, dan apa yang dituliskan menjadi deskripsi yang ditampilkan oleh
mesin pencarian.
Dari sini, kita mengetahui, bahwa setiap kita melakukan
posting sebuah artikel, file, dokumen, dan sebagainya, perlu mengatur dengan
tepat deskripsi, judul, dan sebagainya yang berhubungan dengan hasil
penelusuran.
Saya kira sekian untuk artikel kali ini, saya harap anda
dapat memahami dan merasakan manfaat dari artikel ini, saya akan lanjutkan
nanti pembahasan tentang mesin pencarian, mungkin untuk pembahasan berikutnya
akan membahas tentang kueri pengetikan.
Materi Mesin Pencari #3: 4 Pola Kata Kunci Yang Sering Dikunjungi di Mesin Pencari
Heheh bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya, terima kasih.
BalasHapussama-sama mas, alhamdulillah bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan, salam blogger mas :)
Hapus