Hari ini, saya ingin membahas tentang judul blog, banyak
orang yang terjun dalam dunia blogging mencoba mencari judul terbaik untuk blog
mereka, tidak sedikit juga yang baru memikirkan judul sudah malas untuk memulai
ngeblog.
Sebelum berlanjut kepada pembahasan, mari bicara tentang
seberapa penting kah sebuah judul blog?
Jika saya tanya kepada anda seberapa pentingkah sebuah judul
blog?, apakah anda dapat menjawab dengan yakin?
Oke, jika belum begitu yakin, mari saya bantu agar anda
yakin untuk menemukan sebuah judul yang tepat untuk blog anda.
Kita mulai dari menjawab pertanyaan di atas.
Mungkin anda yang sudah pernah belajar komunikasi pemasaran
atau strategi brand mungkin sudah paham dengan konsep inti dari penamaan.
Inti dari penamaan adalah menyampaikan pesan kepada pembaca,
dengan maksud diingat, diperhatikan, dan pahami isi pesan dari penamaan
tersebut.
Saya jelaskan dalam infografis di bawah ini:
Study case #1: tentang pesan dari sebuah penamaan
Keadaan terburuk,
judul sebuah blog tidak menarik, sulit diingat dan tidak menyampaikan sebuah
pesan kepada pembaca, bahkan pemiliknya bingung blog tersebut ingin dibuat isi
apa.
Contoh: cara-kamoe.blogspot.com
Pemilik tersebut menentukan nama cara-kamoe, sebagai pembaca
saat pertama kali melihat alamat dan judul blog tersebut tidak tahu sebenernya
blog ini membahas tentang apa.
Keadaan normal,
sebuah judul dapat diingat tetapi tidak menjadi spesial karena judul blog
secara alaminya tidak memberikan pesan penting, tetapi secara keseluruhan
positif di mata pembaca.
Nama blog ini mudah diingat karena mengandung kata-kata yang
umum, tetapi tidak menyampaikan pesan spesial saat pertama kali pembaca
melihatnya.
Keadaan Terbaik,
sebuah judul blog dapat memberikan pesan yang kuat kepada pembaca dan
menjelaskan apa yang sebenarnya ada pada blog tersebut.
Contoh: panduanim.com
Punya judul yang kuat, mudah dipahami, dan pesan dalam judul
sampai saat pertama kali membaca judul tersebut.
Sekarang kita tahu judul-judul seperti apa yang bagus, biasa
saja, dan buruk untuk sebuah blog, namun ada beberapa keadaan yang bisa
dibilang secara teoritis itu tidak baik ternyata berhasil.
Contoh:
Juragancipir.com
Blog yang membahas blogging, tetapi dalam penamaan judulnya
tidak ada kata-kata yang mengandung tentang blogging.
Mengapa bisa berhasil?
Saya rasa judul blog juga sangat berkaitan erat dengan
branding, jadi selain sebuah nama yang bagus, harus dibarengi dengan branding.
Mari membahas tentang masalah utamanya.
Bagaimana memilih judul blog yang sesuai untuk blog saya?
Kita klasifikasikan terlebih dahulu menurut kepentingan
sebuah blog, karena akan berbeda bagaimana mencari ide untuk masing-masing jenis blog.
- Blog pribadi
- Blog bisnis
Mari membahas pemilihan judul satu-per-satu dari
pengkategorian di atas.
Memilih judul blog pribadi yang bagus.
Mendeskripsikan Diri Pada Judul Blog
Jika anda berniat untuk membuat judul blog yang bagus, coba
lah dengan jujur mendeskripsikan diri sendiri dari judul blog tersebut.
Contohnya: radityadika.com
Secara langsung anda mengenalkan kepada pembaca bahwa ini
adalah blog saya, siapa kah pemilik dari blog tersebut.
Menambahkan Kata Yang Berkaitan Dengan Konten Pada Judul
Anda dapat menambahkan kata-kata dari konten apa yang nanti anda
buat, seperti misalnya saya membuat blog pribadi yang membahas tentang politik,
catatan-catatan dan opini politik saya tuangkan di dalam blog saya.
Saya akan membuat judul blog untuk blog pribadi saya seperti
ini: opiniasykar.com atau pilihanasykar.com
Semua kemungkinan bisa kita terapkan, tinggal kita berfikir
kreatif agar judul yang kita pilih dapat mendeskripsikan dengan jelas personal
kita.
Menempatkan Kata Yang Unik dan Kreatif Pada Judul Blog
Saya tidak memungkiri untuk menemukan nama kreatif untuk
blog itu adalah hal yang sulit.
Sedikit tips agar anda dapat menemukan judul blog yang
kreatif agar judul blog anda berbeda dari pada yang lain, yaitu ...
Berfikir “out of the box”
Mungkin anda sering menemukan tulisan yang menyarankan atau
memberikan masukan untuk berfikir “out of the box”, namun sebagai pembaca kita
tidak tahu berfikir out of the box
itu seperti apa.
Seperti memikirkan hal-hal detail, tidak banyak orang
memikirkan suatu hal secara detail, lebih banyak yang mencari cara praktis.
Contoh, saya mau membuat blog tentang perjalanan saya ke
luar negri, biasanya orang akan membuat judul yang berhubungan dengan
travelling, tapi saya mungkin akan membuat judul blog: teleportasigue.com
Kembali kepada pilihan opsional, seberapa jauh dan seberapa
efektifkah nanti judul blog anda ketika berfikir secara “out of the box”?
Judul blog kontroversi atau bertentangan
Kita bisa menggunakan hal-hal yang bertentangan dengan
konten yang nantinya kita buat untuk judul blog.
Ini agar orang yang membacanya tertarik dan penasaran.
“kok judul blognya begini isinya begini ya?”
Nah, karena pertentangan itu lah yang membuat pembaca anda
semakin penasaran dengan blog anda seperti blog: http://www.shitlicious.com/
Padahal kalo anda melihat isi dari blog tersebut bermanfaat
dan memberikan pandangan baru dari sisi yang berbeda.
Nah, yang terpenting setelah kita membuat judul adalah
memberikan konten terbaik untuk pembaca, biar nagih untuk berkunjung kembali.
Ada aja yang punya nama blog unik dan kreatif, tetapi konten
yang disediakan nol besar, hasil copy-paste dan yang paling buruk adalah tidak
dibutuhkan.
Kembali lagi tentang sub-topik di atas, kontroversi bisa
membuat anda cepat terkenal juga, disamping itu, ada kelebihan yang ditawarkan
bukan hanya untuk membuat orang penasaran, tetapi anda juga dapat dengan mudah
melihat reaksi para pembaca anda dengan cepat.
Anda juga bisa dengan cepat mengetahui, apakah konten yang
anda tawarkan sudah memberikan dampak untuk pembaca atau tidak, karena biasanya
judul-judul blog yang kontroversi lebih cepat mendapatkan komentar .
Jika anda masih belum menemukan Judul Blog yang tepat, coba
lah anda melihat kamus atau generator judul blog
Anda bisa mencarinya dengan :
Judul Blog Yang Bagus Untuk Bisnis
Rata-rata Blogger sekarang banyak yang membuat blog dengan
tujuan sebagai passive income, dengan mendaftarkan blog mereka di program
periklanan, affiliasi, dan media pemasaran buku mereka.
Tapi, itu bukan hal simpel, terutama dalam persaingan yang
sedang dimasuki.
Karena berarti pesaingnya itu sangat serius untuk
mendapatkan popularitas, mungkin mereka sudah menggunakan teknik-teknik online
marketing dan SEO pada blog mereka.
Nah, bagi kita yang pemula, bagaimana menjadikan judul blog
sebagai keunggulan kompetitif?
Memang ribet jika ditujukan untuk bisnis, memang perlu
perencanaan dan strategi yang matang.
Sebelum itu, coba untuk menghindari hal ini:
Hindari Domain Yang Tidak Dipercaya
Gini, mungkin ada satu kondisi ketika para pembaca anda baca
langsung bingung dan tidak tertarik karena judul blog tidak menarik.
Salah satu yang tidak membuat orang tertarik untuk melihat
blog bisnis anda karena masih pake blogspot atau wordpress.
Mungkin beberapa orang akan berfikir, “masa untuk beli
domain saja tidak mampu?” nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik anda
menggunakan domain-domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org, .co,
dsb yang sangat familiar di benak orang-orang.
Kembali lagi ke pembahasan konsep, ada baiknya anda
memikirkan dengan benar masalah judul blog untuk bisnis.
Tapi bagaimana membuat judul yang baik untuk blog bisnis?
Saya ada tips agar judul blog anda dapat membangun brand di
tengah-tengah pembaca anda nantinya, silahkan disimak:
Buat Judul Dapat Dimengerti Semua Orang
Judul blog coba dibuat agar bisa dimaknai dan dimengerti
oleh semua pembaca anda, entah siapa yang membaca, dimana dan kapan mereka
membaca, yang berarti dalam judul blog mengandung kata-kata yang biasa didengar
oleh banyak orang.
Buat Judul Blog Yang Menggambarkan Blog
Judul blog coba untuk dibuat menggambarkan keseluruhan
bisnis anda, maka dari itu dalam konsep di atas, setidaknya blog anda
menggambarkan niche apa yang anda geluti, seperti niche kerajinan tangan yang biasanya
yang menggunakan kata “craft” untuk blog mereka, atau tekno untuk menggambarkan
blog tentang teknologi.
Buat Judul Blog Yang Mengandung Emosi
Usahakan juga judul blog kamu membawa salah satu emosi,
seperti oketekno, yang menggambarkan emosi suka pada teknologi.
Sebelum itu, coba dengan tepat anda melihat target audience
(pembaca), Niche Blog (fokus bidang blog), dan bagaimana anda menyajikan blog
ke depannya.
Mungkin anda bingung saat ini, bagaimana bisa mencocokan
audience, niche blog, perkembangan blog ke depan dengan judul blog.
Silahkan untuk mengunjungi halaman bantuan untuk menentukan
semua hal itu disini:
Terakhir, judul blog yang tidak dibarengi dengan konten yang
bagus dan memiliki ciri khas, sulit untuk berkembang, maka dari itu judul blog
mungkin penting, namun yang lebih penting untuk diperhatikan adalah konten yang
anda sampaikan.
Perjalanan untuk mendapatkan popularitas dalam blogging
tidak lah semudah dan segampang untuk membalikan sebelah tangan, salah satu
proses menemukan judul blog ini yang saya rasa adalah proses yang lumayan
dilema.
Bisa-bisa salah menentukan judul blog, blog sulit
diingat dan sulit berkembang.
Panduan #4: Memilih Template Blog Terbaik Untuk Pemula
Boleh terus terang. Tulisannya sih enak dibaca. Tetapi, ide dasarnya sama dengan yang sudah banyak beredar. Terkesan juga gayanya berdasar pada pola pemikiran ala PnaduanIM. Tidak ada terobosan-terobosan yang berani dan semuanya mirip. Bisa dikata mendekati re-write tanpa ada hal-hal baru ..
BalasHapusApakah memang hal itu sudah memuaskan mas? Tidak ada kah sesuatu yang baru di dunia blogging Indonesia dalam hal tutorial blogging? Sehingga bahan yang dijadikan tulisan kok kesannya semuanya sama.
Soalnya kalau saya baca di blog-blog tentang tutorial blogging atau writing di luar negeri,terasa sekali bedanya. Kalau yang disana terlihat hidup dan berkembang, sedangkan yang di Indonesia terkesan statis.
Cuma pengulangan ide-ide lalu dan dikemas dalam tulisan yang berbeda saja.
Entahlah, mungkin saya berharap terlalu banyak kepada para pakar blogger.. Mungkin juga dunia blogging itu sendiri sebenarnya tidak berkembang? Entahlah. Cuma heran saja kenapa bahasan tutorial blogging Indonesia sepertinya hanya berkutat di hal-hal seperti ini saja.
Eh jadi curcol.
wah om anton dateng lagi :)
Hapusgini om, apakah menulis seperti ini sudah memuaskan saya? secara jujur belum, karena setidaknya saya belum menemukan cara terbaik memberikan kepuasan kepada pengunjung, om juga bilang sendiri, seperti rewrite dan gaya penulisan seperti panduanim. it's okay, tapi kalo saya rewrite dari sana enggak, cuma mungkin saya punya kesamaan pengalaman saja om, dan panduanim itu yang membuat saya berfikir untuk tidak melanjutkan lagi praktik-praktik ternak blog wallpaper dll lah.
malah saya juga ikut curhat wkwkwk
setelah itu saya coba cari sumber-sumber lain lagi, seperti backlinko, SEJ, Moz, hubspot, dan lainnya dan coba dipraktek-an, dan melihat hasil yang bagus praktik yang mana.
mengapa tutorial blogging semuanya sama? karena cara pikir blogger dan pembacanya itu punya pemikiran yang sama om, gini semua tools gratis atau pun berbayar menampilkan data kalo orang indonesia nyari ya tentang itu-itu aja, gak unpredictable, gak nyari hal-hal rinci, gak nyari sesuatu yang memang fundamental, biasanya nyari cara mudah, cara cepat, atau "gimana sih? ... ,,,, ,,,,".
artinya orang indo dalam mencari tutorial blogging mencari hal praktis, jadi kebanyakan blogger menulis berdasarkan itu, tapi kayaknya saya mencoba keluar dari ekosistem seperti itu, kan jarang orang membahas secara rinci faktor mesin pencari sebagai pendukung blog, apa perannya, kueri pada mesin pencari, data structured untuk blog.
dan penulisan saya tergantung mood om hehe, kalo mood bagus ya saya jabarkan semua sampe detail, kalo enggak mood, kadang cuma 1000 kata aja om, dan itu juga yang kadang membuat saya tidak puas, sering kok saya itu modifikasi postingan blog hanya karena tidak puas dan gak enak dibaca atau kurang ide di dalamnya.
eh tapi makasih banyak om, untuk masukan yang membangun, saya nanti coba mencari sisi baru lagi dalam penulisan dan penyampaian ide om