Langsung ke konten utama

Pengaruh Data Structured di Mata Mesin Pencari


data terstruktur dan berpengaruh baik atau buruk untuk sebuah web

Tidak Penting Diterapkan Pada Blog

Konten ini ditunjukan untuk blogger atau webmaster yang memiliki situs-situs khusus, seperti website buku, website resep makanan atau yang lainnya, yang memiliki kekhususan konten, tapi tidak apa jika anda adalah blogger yang menulis konten biasa, sebagai tambahan pengetahuan saja.

Sebelum memulai, saya bercerita sedikit tentang structured data yang pernah saya alami selama ngeblog, blog dengan structured data (yang selanjutnya saya sebut data terstruktur) tidak terlalu penting untuk blog biasa.

Mengapa tidak penting? Karena pada dasarnya CMS terkenal seperti blogger dan wordpress memiliki tema yang mendukung kebutuhan blogging, jadi tidak usah untuk menambahkan structured data secara manual.

Saya, beberapa waktu lalu mencoba untuk bereksperimen efek structured data pada blog biasa, dan hasilnya ....

Coba untuk anda lihat pada halaman ini, agar anda dapat menyimpulkan lebih baik structured data pada blog saya itu.

Hasil dari data terstruktur di mata mesin pencarian

hasil data terstruktur yang baik akan meningkatkan visibilitas untuk web di mesin pencarian
Gambar 1: hasil penelusuran

Di atas adalah salah satu contoh hasil dari data terstruktur yang ada pada kata kunci webmaster tool.
Pada dasarnya, mesin pencarian memahami sebuah halaman online dengan HTML, untuk mendapatkan hasil maksimal dengan data terstruktur anda perlu menambahkan kode-kode khusus pada halaman HTML anda.

Sebelum itu mari memahami tentang tipe-tipe konten yang tersedia untuk data terstruktur yang khusus, saya khususkan di mesin pencarian Google karena mayoritas orang Indonesia mencari menggunakan Google.

Setidaknya ada 16 tipe yang bisa diterapkan pada website anda dari pedoman Google, apa saja kah itu?
  1. Artikel
  2. Buku
  3. Kursus
  4. Dataset
  5. Event
  6. Fact Check
  7. Lowongan pekerjaan
  8. Bisnis lokal
  9. Musik
  10. Kependudukan
  11. Konten berbayar
  12. Podcast
  13. Produk
  14. Review
  15. Program TV dan Film
  16. Video

Lebih detailnya anda bisa melihat dari pedoman masing-masing data terstruktur pada halaman ini atau dari sumber yang lebih detail lagi dari schema.org

Apa efek dari implementasi data terstruktur untuk website anda? Efeknya adalah visibilitas di mesin pencari.

Anda bisa melihat studi kasus dari Google terhadap Eventbrite yang digadang-gadang dapat menaikan lalu lintas website sebanyak 100%.

Eventbrite adalah situs yang khusus untuk menyajikan konten-konten tentang event di lebih dari 180+ negara, dan memulai mengimplementasikan data terstruktur bertipe event, yang dimulai saat tahun 2015.

Lihat kisah sukses eventbrite dengan data structured pada halaman ini.

Kabar Baik dan Buruk Menggunakan Data Terstruktur

Kabar baiknya data terstruktur bisa meningkatkan, jika Algorithma mesin pencari menyatakan itu penting untuk ditampilkan.

Kabar buruknya, tidak semua blog atau website dapat mendapatkan hasil seperti contoh di atas (gambar 1: hasil penelusuran)

Apakah data terstruktur itu sia-sia saja?

Tentu saja tidak, untuk website yang benar-benar tepat

Ini beberapa alasan mengapa data terstruktur tidak tampil atau bahkan tidak meningkatkan visibilitas di mesin pencari.
  • Data terstruktur ditampilkan sesuai dengan algorithma termasuk dengan umur website, lokasi pengguna, tipe perangkat yang digunakan pengguna untuk mencari berdasarkan kata kunci.
  • Tidak mempresentasikan kesuluruhan isi blog, misal anda membuat blog atau website buku, tetapi secara keseluruhan tidak diperuntukan website atau blog buku, ada beberapa konten tentang curahan hati pribadi, artikel perjalanan dsb.
  • Menyalahgunakan data struktur untuk konten-konten yang tidak tepat, seperti membuat website film yang bukan menjadi website resmi film tersebut.

Silahkan untuk melihat refrensi lebih lengkap pada halaman ini.

jika anda yakin website anda memiliki value yang berguna untuk pengguna dan memiliki topik yang khusus dan didukung oleh data terstruktur oleh mesin pencari, lebih baik untuk menggunakan data terstruktur agar hasilnya lebih baik lagi.

Anda dapat menguji data anda sudah sesuai dengan pedoman dengan mengeceknya di alat data terstruktur disini.

Anda dapat memasukan data HTML anda dengan menggunakan link aktif atau dengan cuplikan kode yang anda buat.
alat penguju data terstruktur dapat mengidentifikasi kesalahan dalam membuat kode html yang mengakibatkan tidak terbacanya dengan baik oleh mesin pencari
Gambar 2: alat pengujian data terstruktur

Untuk mengingatkan kembali kepada anda, data terstruktur untuk website tidak menjadi jaminan untuk:
  • Meningkatkan visibilitas di mesin pencarian
  • Meningkatkan kecepatan index
  • Meningkatkan jumlah pengunjung

Data terstruktur hanya membantu bot mesin pencari untuk mengenali jenis konten pada situs anda lebih baik lagi, jadi bijak lah untuk menggunakan data terstruktur, karena asal saja menggunakan data terstruktur akan mengakibatkan hal sebaliknya dari harapan.

Semoga membantu pemahaman anda, silahkan untuk mencerna baik-baik tulisan ini, semoga anda berhasil dalam membangun website dan blog anda masin-masing.


Komentar

Postingan populer dari blog ini